PEMETAAN SK/KD MGMP IPA SMPM/MTsM
KAB. LAMONGAN
Tahun pelajaran 2012 - 2013
KELAS
VII
Kelas VII Semester
1
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
BAB BESARAN
FISIKA DAN PENGUKURAN
A.
Besaran Fisika dan Satuan (1.1)
B.
Pengukuran dan Alat Ukur (1.3)
C.
Suhu dan Pengukurannya (1.2)
|
1. Memahami prosedur ilmiah untuk mempelajari benda-benda alam dengan
menggunakan peralatan
|
1.1 Mendeskripsikan besaran pokok dan besaran turunan beserta satuannya
1.2 Mendeskripsikan pengertian suhu dan pengukurannya
1.3 Melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan menggunakan alat ukur
yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari
|
BAB ZAT
DAN WUJUDNYA
A.
Zat dan Perubaham Wujudnya (3.1)
B.
Teori partikel zat (3.1)
C.
Kohesi, Adhesi dan Kapilaritas (3.1)
D.
Massa Jenis (3.2)
E.
Pemuaian (3.3)
|
3. Memahami wujud zat dan perubahannya
|
3.1 Menyelidiki sifat-sifat zat berdasarkan wujudnya dan penerapannya
dalam kehidupan sehari-hari
3.2 Mendeskripsikan konsep massa
jenis dalam kehidupan sehari-hari
3.3 Melakukan percobaan yang
berkaitan dengan pemuaian dalam kehidupan sehari-hari
|
BAB ASAM,
BASA DAN GARAM
A.
Sifat Asam, Basa, dan Garam (2.1)
B.
Identifikasi Asam, Basa, dan Garam (2.2)
C.
Nama Unsur dan Rumus Kimia (2.3)
D.
Sifat Unsur, Senyawa dan Campuran (2,4)
|
2. Memahami klasifikasi zat
|
2.1 Mengelompokkan sifat
larutan asam, larutan basa, dan larutan garam melalui alat dan indikator yang
tepat
2.2 Melakukan percobaan
sederhana dengan bahan-bahan yang diperoleh dalam kehidupan sehari-hari
2.3 Menjelaskan nama unsur dan
rumus kimia sederhana
2.4
Membandingkan sifat unsur, senyawa, dan campuran
|
BAB 9 KINERJA ILMIAH
A.
Kerja Ilmiah
B.
Mikroskop (5.3)
C.
Keselamatan Kerja (5.4)
|
5. Memahami
gejala-gejala alam melalui pengamatan
|
5.3 Menggunakan mikroskop dan
peralatan pendukung lainnya untuk mengamati
gejala-gejala kehidupan
5.4 Menerapkan keselamatan kerja
dalam melakukan pengamatan gejala-gejala alam
|
BAB KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP
A. Ciri–ciri Makhluk Hidup (6.1)
B. Klasifikasi Makhluk Hidup (6.2)
C. Sistem Organisasi Kehidupan (6.3)
|
6. Memahami keanekara-gaman makhluk hidup
|
6.1 Mengidentifikasi ciri-ciri
makhluk hidup
6.2 Mengklasifikasikan makhluk hidup
berdasarkan ciri-ciri yang dimiliki
6.3 Mendeskripsikan keragaman
pada sistem organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organisme
|
Kelas VII Semester
2
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
BAB KALOR
A. Energi Kalor (3.4)
B. Perpindahan Kalor (3.4)
BAB
PERUBAHAN ZAT
A.
Sifat Zat (4.1)
B.
Perubahan Fisika (4.3)
C.
Perubahan Kimia (4.3)
D.
Pemisahan Campuran (4.2)
E.
Reaksi Kimia (4.4)
|
3. Memahami wujud zat dan perubahannya
4. Memahami berbagai sifat dalam perubahan fisika dan kimia
|
3.4 Mendeskripsikan peran kalor
dalam mengubah wujud zat dan suhu suatu benda serta penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari
4.1 Membandingkan
sifat fisika dan sifat kimia zat
4.2 Melakukan pemisahan campuran
dengan berbagai cara berdasarkan sifat fisika dan sifat kimia
4.3 Menyimpulkan perubahan
fisika dan kimia berdasarkan hasil percobaan sederhana
4.4 Mengidentifikasi terjadinya
reaksi kimia melalui percobaan sederhana
|
BAB GERAK
(5.2)
A. Kedudukan dan Perpindahan
B. Kelajuan dan Kecepatan
C. Gerak Lurus Beraturan (GLB)
D. Gerak Lurus Berubah Beraturan
(GLBB)
|
5. Memahami
gejala-gejala alam melalui pengamatan
|
5.2 Menganalisis data percobaan
gerak lurus beraturan dan gerak lurus
berubah beraturan serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
BAB EKOSISTEM
A. Komponen Ekosistem (5.1)
B. Hubungan Antar Kompenen Ekosistem
(7.1)
C. Keanekaragaman Makhluk Hidup dan
Upaya Pelestariannya (7.2)
D. Pengaruh Kepadatan Populasi
Terhadap Lingkungan (7.3)
E. Pengelolaan lingkungan (7.4)
|
5. Memahami
gejala-gejala alam melalui pengamatan
7.
Memahami saling ketergantungan dalam ekosistem
|
5.1 Melaksanakan pengamatan
objek secara terencana dan sistematis
untuk memperoleh informasi gejala alam biotik dan a-biotik
7.1 Menentukan ekosistem dan
saling hubungan antara komponen ekosistem
7.2 Mengidentifikasi pentingnya
keanekaragaman mahluk hidup dalam pelestarian ekosistem
7.3 Memprediksi pengaruh
kepadatan populasi manusia terhadap lingkungan
7.4 Mengaplikasikan peran
manusia dalam pengelolaan lingkungan untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan
lingkungan
|
KELAS VIII
Kelas VIII Semester 1
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
BAB PERTUMBUHAN
DAN PERKEMBANGAN
A. Peristiwa Tumbuh dan Berkembang
(1.1)
B. Perkembangan Manusia
(1.2)
BAB BERBAGAI SISTEM ORGAN PADA MANUSIA
A. Sistem Gerak pada Manusia (1.3)
B. Sistem Pencernaan
Manusia (1.4)
C. Sistem Pernapasan
Manusia (1.5)
D. Sistem Peredaran
Darah Manusia (1.6)
|
1. Memahami berbagai
sistem dalam kehidupan manusia
|
1.1 Menganalisis pentingnya pertumbuhan dan
perkembangan pada makhluk hidup
1.2 Mendeskripsikan tahapan perkembangan manusia
1.3
Mendeskripsikan sistem gerak pada manusia dan hubungannya dengan
kesehatan
1.4
Mendeskripsikan sistem pencernaan pada manusia dan dan hubungannya
dengan kesehatan
1.5
Mendeskripsikan sistem pernapasan pada manusia dan hubungannya dengan
kesehatan.
1.6
Mendeskripsikan sistem peredaran darah pada manusia dan hubungannya
dengan kesehatan
|
BAB ATOM, MOLEKUL, DAN ION
A. Atom (3.1, dan 3.2 )
B. Molekul (3.1, dan 3.2
)
C. Ion (3.1, dan 3.2 )
D. Unsur dan Senyawa
(3.3)
|
3. Menjelaskan konsep partikel materi
|
3.1
Menjelaskan konsep
atom, ion, dan molekul
3.2
Menghubungkan konsep
atom, ion, dan molekul dengan produk kimia sehari-hari
3.3 Membandingkan molekul unsur dan molekul senyawa
|
BAB GAYA
A. Pengertian Gaya (5.1)
B. Resultan Gaya (5.1)
C. Hokum Newton (5.2)
BAB
ENERGI, USAHA dan TEKANAN
D. Energi
dan Usaha (5.3)
E. Pesawat Sederhana
(5.4)
F. Tekanan (5.5)
|
5. Memahami
peranan usaha, gaya, dan energi dalam kehidupan sehari-hari
|
5.1
Mengidentifikasi
jenis-jenis gaya, penjumlahan gaya dan pengaruhnya pada suatu benda yang
dikenai gaya
5.2
Menerapkan
hukum Newton untuk menjelaskan berbagai peristiwa dalam kehidupan sehari-hari
5.3
Menjelaskan
hubungan bentuk energi dan perubahannya, prinsip “usaha dan energi” serta
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
5.4
Melakukan
percobaan tentang pesawat sederhana dan penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari
5.5 Menyelidiki
tekanan pada benda padat, cair, dan gas serta penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari
|
Kelas VIII Semester
2
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
BAB GETARAN
DAN GELOMBANG
A. Getaran (6.1)
B. Gelombang (6.1)
C.
Bunyi (6.1)
BAB
CAHAYA
A.
Cahaya (6.3)
B.
Alat Optik (6.4)
|
6. Memahami konsep dan penerapan
getaran, gelombang dan optika dalam produk teknologi sehari-hari
|
6.1
Mendeskripsikan konsep getaran dan gelombang serta
parameter-parameternya
6.2
Mendeskripsikan konsep bunyi dalam kehidupan sehari-hari
6.3
Menyelidiki sifat-sifat cahaya dan hubungannya dengan berbagai bentuk
cermin dan lensa
6.4
Mendeskripsikan alat-alat optik dan penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari
|
BAB BERBAGAI SISTEM PADA TUMBUHAN
A. Jaringan pada Tumbuhan (2.1)
B. Fotosintesi (2.2)
C. Gerak Pada Tumbuhan (2.3)
D. Hama dan Penyakit Tumbuhan (2.4)
|
2. Memahami sistem dalam kehidupan tumbuhan
|
2.1 Mengidentifikasi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan
2.2 Mendeskripsikan proses perolehan nutrisi dan
transformasi energi pada tumbuhan hijau
2.3 Mengidentifikasi macam-macam gerak pada
tumbuhan
2.4 Mengidentifikasi hama dan
penyakit pada organ tumbuhan yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari
|
BAB BAHAN KIMIA
A.
Bahan Kimia dalam Kehidupan Sehari-hari (4.1 – 4.2)
B. Bahan
Kimia dalam Makanan (4.3)
C. Zat
Adiktif dan Psikotropika (4.4 – 4.5)
|
4. Memahami kegunaan bahan
kimia dalam kehidupan
|
4.1 Mencari
informasi tentang kegunaan dan efek samping bahan kimia dalam kehidupan
sehari-hari
4.2 Mengkomunikasikan informasi tentang kegunaan dan efek samping bahan kimia
4.3 Mendeskripsikan bahan kimia alami dan bahan kimia buatan dalam
kemasan yang terdapat dalam bahan makanan
4.4 Mendeskripsikan sifat/pengaruh zat adiktif dan psikotropika
4.5 Menghindarkan diri dari pengaruh zat adiktif dan psikotropika
|
KELAS IX
Kelas IX Semester 1
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
BAB SISTEM EKSKRESI
MANUSIA (1.1)
A.
Alat Ekskresi pada Manusia
B.
Gangguan pada Sistem Ekskresi
BAB SISTEM EKSKRESI
MANUSIA (1.2)
A.
Organ-organ Penyusun Sistem Reproduksi Manusia
B.
Penyakit pada Sistem Reproduksi Manusia
C.
Beberapa Upaya Pencegahan yang Dapat Dilakukan
BAB SISTEM KOORDINASI
DAN ALAT INDRA MANUSIA (1.3)
A. Sistem Saraf Pada Manusia
B. Sistem Indra Pada Manusia
C. Kelainan dan Penyakit pada Sistem
Saraf dan Sistem Indra
|
1. Memahami berbagai sistem
dalam kehidupan manusia
|
1.1 Mendeskripsikan sistem
ekskresi pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
1.2 Mendeskripsikan sistem
reproduksi dan penyakit yang berhubungan dengan sistem reproduksi pada
manusia
1.3 Mendeskripsikan sistem
koordinasi dan alat indera pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
|
BAB
KELANGSUNGAN HIDUP ORGANISME
(2.1)
A. Adaptasi
B. Seleksi Alam
C. Perkembangbiakan
|
2. Memahami kelangsungan hidup
makhluk hidup
|
2.1 Mengidentifikasi kelangsungan
hidup makhluk hidup melalui adaptasi, seleski alam, dan perkembangbiakan
|
BAB KELISTRIKAN
A. Listrik Statis (3.1)
B. Listrik Dinamis (3.2)
C. Sumber Arus Listrik (3.3)
D. Energi dan Daya Listrik (3.4)
|
3. Memahami konsep kelistrikan
dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
3.1
Mendeskripsikan muatan listrik untuk memahami gejala-gejala listrik
statis serta kaitannya dalam kehidupan sehari-hari
3.2
Menganalisis percobaan listrik dinamis dalam suatu rangkaian serta penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari
3.3
Mendeskripsikan prinsip kerja elemen dan arus listrik yang
ditimbulkannya serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
3.4
Mendeskripsikan hubungan energi dan daya listrik serta pemanfaatannya
dalam kehidupan sehari-hari
|
BAB TATA
SURYA
A. Sistem Tata Surya (5.1)
B. Mata Hari dan Bumi (5.2)
C. Gerak Edar Bumi, Bulan, Dan Satelit (5.3)
D. Lithosfer dan Atmosfer (5.4 – 5.5)
|
5. Memahami sistem tata surya dan proses yang
terjadi di dalamnya
|
5.1 Mendeskripsikan karakteristik
sistem tata surya
5.2 Mendeskripsikan matahari
sebagai bintang dan bumi sebagai salah satu planet
5.3 Mendeskripsikan gerak edar
bumi, bulan, dan satelit buatan serta pengaruh interaksinya
5.4 Mendeskripsikan proses-proses
khusus yang terjadi di lapisan lithosfer dan atmosfer yang terkait dengan perubahan
zat dan kalor
5.5 Menjelaskan hubungan antarar
proses yang terjadi di lapisan lithosfer dan atmosfer dengan kesehatan dan permasalahan
lingkungan
|
Kelas IX Semester 2
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
BAB PEWARISAN SIFAT
(2.2 – 2,3)
A. Kromosom dan Gen
B. Istilah-istilah dalam Genetika
C.
Hukum Penurunan Sifat Mendel
D. Penurunan Sifat pada Manusia
BAB
BIOTEKNOLOGI
(2.4)
A.
Penerapan Bioteknologi Sederhana
B.
Dampak Negatif Penggunaan Bioteknologi
C.
Usaha Mengatasi Dampak Penerapan Bioteknologi
|
2. Memahami
kelangsungan hidup makhluk hidup
|
2.2 Mendeskripsikan konsep
pewarisan sifat pada makhluk hidup
2.3
Mendeskripsikan proses pewarisan dan hasil pewarisan sifat dan
penerapannya.
2.4
Mendeskripsikan penerapan
bioteknologi dalam mendukung kelangsungan hidup manusia melalui produksi
pangan
|
BAB
KEMAGNETAN
A. Sifat Magnet Dan
Cara Membuat Magnet (4.1)
B. Pemanfaatan Kemagnetan Dalam Produk Teknologi (4.2)
C. Induksi Elektromagnetik (4.3)
|
4. Memahami konsep kemagnetan dan penerapannya
dalam kehidupan sehari-hari
|
4.1
Menyelidiki gejala kemagnetan dan cara membuat magnet
4.2
Mendeskripsikan
pemanfaatan kemagnetan dalam produk teknologi
4.3 Menerapkan konsep induksi elektromagnetik untuk menjelaskan prinsip kerja
beberapa alat yang memanfaatkan prinsip induksi elektromagnetik
|
Baground
warna kuning: IPA bidang Fisila
Baground
warna hijau: IPA bidang Biologi
oke
ReplyDelete